Form WhatsApp

5 Tips Memilih Jasa Pembuatan Blog Sekolah Berkualitas

shape image

5 Tips Memilih Jasa Pembuatan Blog Sekolah Berkualitas

Jasa Pembuatan Blog Sekolah


Apakah Anda sedang mencari jasa pembuatan blog sekolah untuk mempublikasikan postingan tentang sekolah atau instansi Anda. Dengan teknologi yang semakin berkembang membuat sekolah mau tidak mau harus mengikutinya.

Salah satunya dengan memiliki website dan blog. Oleh karena itu mulai bermunculan jasa pembuatan blog sekolah

Namun, dengan banyaknya pilihan jasa tersebut tentu Anda harus memilih mana yang terbaik dan berkualitas bagus. Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja tips memilih jasanya.

Tapi ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dulu sebelum memutuskan hendak membuat blog sekolah keren.

4 Hal Yang Disiapkan Sebelum Mencari Jasa Pembuatan Blog

Yang perlu Anda ingat di sini, blog itu berbeda dengan website. Jika website cenderung statis dan tidak banyak update setiap harinya.

Maka berbeda dengan blog. Blog ini identik dengan postingan. Sehingga pada blog tersebut nantinya Anda bisa memposting berbagai kegiatan atau informasi sekolah.

Nah, sebelum mencari jasa pembuatan blog sekolah ada baiknya Anda persiapkan 3 hal berikut.

1. Pastikan Sudah Memiliki Operator

Operator di sini maksudnya adalah admin. Orang yang nantinya akan mengurus blog ini setiap harinya. Mulai dari memposting artikel, info sampai dengan mengupdate tampilan blog jika memang ada pembaruan.

Mengapa ini penting? Karena tidak semua orang mahir merawat blog. Terlebih apabila lingkungan sekolah tersebut rata - rata adalah guru yang sudah berusia lanjut. 

Meskipun tidak menutup kemungkinan juga jika bisa mengoperasikan, namun akan lebih efektif jika blog dipegang oleh orang yang memang sudah paham.

Walaupun di luar sana banyak penawaran jasa maintenance blog atau website. Namun, akan lebih baik jika diurus oleh karyawan atau guru sekolah tersebut.

2. Cari Tahu Kebutuhan Blog

Setelah Anda memastikan jika di sekolah sudah memiliki operator. Selanjutnya pastikan Anda mencari tahu kebutuhan blog sekolah yang seperti apa. Fitur apa saja yang harus ada pada blog tersebut. Biasanya blog - blog pada umumnya terdapat fitur untuk postingan artikel, informasi berita dan yang lain.

Atau justru sekolah Anda hanya berniat memiliki blog hanya untuk membagikan sebatas info kegiatan sekolah.

Anda bisa diskusikan terlebih dulu dengan guru, karyawan di sekolah atau orang yang nantinya akan menjadi operator. Selain itu, Anda bisa tanyakan juga apabila terdapat kenalan orang profesional pada dunia blog.

Baru setelah itu siapkan hal selanjutnya yaitu biaya.

3. Tetapkan Budget 

Setelah mengetahui kebutuhan blog apa saja yang dibutuhkan. Mulai persiapkan biayanya. Anda juga bisa mulai perkirakan, kira - kira dengan kebutuhan blog yang sedemikian rupa berapa harga blog nya.

Semakin banyak fitur yang Anda request maka semakin mahal juga biaya jasa pembuatan blog sekolah yang harus dikeluarkan.

Namun, Anda tidak perlu ragu untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Karena pasti hasilnya juga akan sebanding.

4. Survei Jasa Pembuatan Blog Sekolah

Dengan berbagai penawaran jasa yang ada. Maka penting juga untuk melakukan survei terlebih dulu. Agar Anda bisa mendapatkan jasa yang profesional. Tidak hanya itu, survei ini juga bertujuan untuk mengetahui pasaran harga jasa pembuatan blog.

Dari harga tersebut Anda juga bisa mengira - ngira berapa biaya yang harus dikeluarkan. 

Meskipun akan memakan waktu sedikit lebih lama. Tapi nantinya Anda jadi bisa menemukan jasa yang benar - benar sesuai keinginan.

Setelah mempersiapkan 4 hal di atas, kini waktunya Anda memilih jasa pembuatan blog sekolah. Berikut tips untuk memilihnya.

5 Tips Memilih Jasa Pembuatan Blog Sekolah

Agar bisa mendapatkan jasa yang sesuai dengan keinginan sekolah Anda, ikuti tips berikut ini.

1. Utamakan Cari Jasa Terdekat

Mengapa harus yang dekat dengan sekolah? Hal ini akan memudahkan Anda ketika berkoordinasi terkait request blog nya. 

Selain itu, apabila tiba - tiba Anda membutuhkan bantuan dari mereka, bisa langsung mendatangi. Karena jaraknya terjangkau.

Dengan mencari jasa pembuatan blog terdekat. Anda jadi bisa memantau kinerja mereka juga. Karena Anda bisa sesekali datang berkunjung.

2. Cari Tahu Fitur Apa Saja Yang Diberikan

Setiap jasa memberikan layanan atau fitur blog yang berbeda. Apabila Anda sudah menemukan jasa yang dekat dengan daerah sekolah, selanjutnya cari tahu fitur pelengkap apa yang mereka tawarkan.

Akan lebih baik jika fitur yang sedang dibutuhkan ada pada mereka. Tapi walaupun tidak ada, Anda bisa mencoba request atau biasanya disebut custom. Dan tentu dengan harga yang berbeda karena ini by request.

Yang paling penting fitur standar atau fitur umum pada blog sudah pasti diberikan oleh jasa tersebut.

3. Lihat Project Yang Sudah Pernah Dikerjakan

Setelah memastikan fitur yang dibutuhkan ada pada mereka. Selanjutnya lihat project yang sudah pernah dikerjakan oleh jasa pembuatan blog sekolah tersebut. Khususnya contoh blogger sekolah. Projek atau portfolio ini tentu merepresentasikan hasil karya mereka.

Apakah dari segi desain Anda cocok dengan jasa itu, atau dari segi fungsionalitas dan lain sebagainya. Intinya, ketika mencari jasa pembuatan seperti ini penting untuk melihat portfolio nya.

4. Cari Tahu Testimoni Pelanggan

Selanjutnya jika Anda sudah cocok dengan contoh project mereka. Cari tahu testimoni dari para pelanggan sebelumnya. Biasanya jasa blog yang profesional, mereka memberikan beberapa hasil testi dari klien.

Nah, di sana bisa coba - coba membaca. Apakah dari testi tersebut jasa pembuatan blog sekolah nya memuaskan, atau mungkin ada beberapa kendala yang biasanya klien sampaikan juga.

Testimoni ini bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan di samping melihat hasil portfolionya.

5. Pilih Jasa Yang Sudah Include Domain

Jasa yang mahal biasanya ada beberapa fitur pelengkap lain. Salah satunya seperti domain. Dan itu memang penting untuk sebuah blog sekolah.

Tentu Anda ingin blog sekolahnya terlihat profesional kan? Nah, salah satunya dengan memberikan domain.

Blog sekolah yang hanya berdomain .blogspot.com tentu akan mengurangi kepercayaan para pengunjung.

Oleh karena itu dibutuhkan domain untuk menggantinya. Domain yang biasa digunakan oleh sekolah sendiri yaitu sch.id. Nah, biaya domain ini tentu berbeda dengan biaya jasa pembuatan blog.

Maka dari itu, tidak heran jika harga yang ditawarkan beberapa jasa ada yang mahal. Karena mereka sudah include dengan domain. 

Mengapa perlu mencari yang sudah termasuk domain? Bukankah kita bisa membelinya sendiri? Itu memang betul, tapi ada beberapa orang yang pasti tidak bisa setting domain dan tidak mau ribet.

Nah, memilih jasa yang sudah termasuk domain bisa lebih menghemat waktu bukan? 

Tetapi jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan biaya yang Anda miliki. Usahakan temukan jasa dengan harga terjangkau namun sudah mendapat domain.

Salah satunya adalah jasa pembuatan blog sekolah BimaNet. BimaNet menyediakan berbagai pilihan paket terjangkau. Untuk paket standar saja dengan biaya 300 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan blog menarik + domain .sch.id.

Untuk fitur tambahan, mereka juga menyediakan seperti form penerimaan peserta didik, pembuatan akun sosial media dan yang menarik yaitu terdapat Google Suite For Education.

Tidak perlu khawatir terkait portfolio mereka, karena mereka sudah banyak mengerjakan projek pembuatan blog serupa. Untuk testimoni pelanggan, Anda bisa langsung cek di situs resmi berikut https://www.bimanet.my.id/ 

Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi BimaNet dan wujudkan blog sekolah Anda dan jangan lupa juga untuk mengikuti tips - tips di atas.


Sumber referensi :
https://idcloudhost.com/6-tips-jitu-memilih-layanan-jasa-website-sekolah-terpercaya-dan-berkualitas/
https://idwebhost.com/blog/penyedia-jasa-website-sekolah/
https://webmediacenter.com/tips-memilih-jasa-pembuatan-website-profesional-di-medan/
https://www.centerklik.com/tips-memilih-jasa-pembuatan-website/
https://www.bimanet.my.id/

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/id-id/foto/pengkodean-orang-di-laptop-574071/
© Copyright 2021 BimaNet | Payment Support by Xendit | Hosting and Domain Service by IDCloudhost

Form WhatsApp

Form Pesanan ini membutuhkan Aplikasi WhatsApp.

Order sekarang